Menggali Kisah Inspiratif dari Alumni D1 Pramugari

 

Bagi para taruna/i D1 Pramugari, berbagi cerita dan tips dari alumni yang sudah berpengalaman dapat memberikan wawasan berharga untuk mempersiapkan langkah-langkah dalam mengejar karier di dunia penerbangan.

Pendidikan dan Pelatihan

Setiap pramugari melewati tahapan pendidikan dan pelatihan yang ketat. Selain belajar tentang keselamatan penerbangan, layanan penumpang, dan komunikasi dalam berbagai situasi. “Saat mengikuti program D1 Pramugari, selain belajar akan pentingnya keterampilan interpersonal,” kata Anna, yang merupakan alumni terbaik Prodi D1 Pramugari STTKD yang bekerja sebelum diwisuda di maskapai Batik Air. “Pelatihan fisik juga penting, karena harus siap untuk menghadapi segala kondisi darurat” ungkapnya saat sharing session.

Proses Rekrutmen

Setelah lolos administrasi, langkah selanjutnya yaitu melewati proses rekrutmen yang ketat. Wawancara dan tes psikologi adalah tes terberat, karena tidak hanya keterampilan teknis, tetapi juga kepribadian yang sesuai dengan nilai perusahaan dan kemampuan untuk bekerja dalam tim merupakan syarat mutlak menjadi pramugari.

Tantangan dan Kesempatan

Adapun tantangan yang harus dihadapi seperti jadwal kerja yang tidak teratur. Akan tetapi ada hal baru juga yang bisa didapatkan ketika bertemu dengan orang-orang dari berbagai negara yang berbeda budaya di pesawat.

Tips dari alumni untuk taruna/I STTKD D1 Pramugari

  1. Persiapkan Diri dengan Baik: Mengetahui tentang industri penerbangan dan perusahaan tempat Anda melamar adalah kunci sukses dalam wawancara.
  2. Jaga Penampilan: Pola tidur yang baik dan pola makan sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental saat bekerja sebagai pramugari.
  3. Networking: Berteman dengan sesama pramugari dan staf lainnya dapat memberikan dukungan dalam memperluas informasi pekerjaan.
  4. Terus Belajar: Industri penerbangan terus berkembang, jadi pastikan Anda terus memperbarui pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan perkembangan terbaru.

Berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan alumni pramugari merupakan langkah penting dalam mempersiapkan diri untuk karier yang sukses di industri penerbangan. Dari pendidikan dan pelatihan hingga tantangan dan kesempatan sebagai pramugari, setiap cerita dan tips serta berpengalaman membawa inspirasi dan wawasan yang berharga bagi yang bermimpi terbang tinggi di langit biru.